FotografiKlinik FotoCara Unik Berswafoto
KOMPAS/YUNIADHI AGUNG

Cara Unik Berswafoto

Swafoto kini menjadi hal lumrah yang dilakukan semua orang, dari rakyat biasa hingga pejabat tinggi negara.

Oleh
IWAN SETIYAWAN
· 1 menit baca

Di sejarah fotografi tercatat orang yang pertama mengenalkan swafoto atau selfie adalah Robert Cornelius. Pada tahun 1839, pria yang saat itu berusia 30 tahun memotret dirinya sendirian berdiri di depan toko lampu penerangan gas milik keluarganya di Philadelphia, Amerika Serikat.

Ia menggunakan kamera darurat daguerreotype, yang lensanya dibuat dari kaca opera. Setelah mengatur cahaya matahari cukup untuk mengekspos pelat logam yang telah disiapkan dengan cermat di dalam kamera, dia harus berdiri tetap tidak bergerak dan menatap ke kamera selama 10 menit hingga 15 menit.

Robert Cornelius memotret dirinya sendiri dengan kamera tipe <i>daguerreotype</i> di depan tokonya di Philadelphia, Amerika Serikat, pada tahun 1839. Foto ini dinyatakan sebagai foto hasil <i>selfie</i> (swafoto) pertama di dunia.
ARSIP LIBRARY OF CONGRESS

Robert Cornelius memotret dirinya sendiri dengan kamera tipe daguerreotype di depan tokonya di Philadelphia, Amerika Serikat, pada tahun 1839. Foto ini dinyatakan sebagai foto hasil selfie (swafoto) pertama di dunia.

Memuat data...
Memuat data...