FotografiKlinik FotoJejak Visual Museum Nasional...
KOMPAS/IWAN SETIYAWAN

Jejak Visual Museum Nasional Masa Hindia-Belanda

Jejak visual Museum Nasional pada masa kolonial memperlihatkan suatu proses bagaimana bangsa ini belajar mengenal diri sendiri.

Oleh
ACHMAD SUNJAYADI
· 1 menit baca
<i>Binnenhof</i> (halaman tengah) Museum Bataviaasch Genootschap dari sisi depan yang menjadi subyek kartu pos tahun 1930-an (sumber: KITLV Leiden).
ARSIP ACHMAD SUNJAYADI

Binnenhof (halaman tengah) Museum Bataviaasch Genootschap dari sisi depan yang menjadi subyek kartu pos tahun 1930-an (sumber: KITLV Leiden).

Terbakarnya Museum Nasional di Jakarta pada 16 September 2023 sangat mengejutkan. Kompas, Selasa (19/6/2023), mencatat 817 koleksi benda prasejarah di enam ruangan Gedung A Museum Nasional terdampak kebakaran. Koleksi dan benda bersejarah tersebut adalah koleksi yang terbuat dari perunggu, keramik, terakota, dan kayu. Enam ruangan di Gedung A yang terbakar merupakan gedung lama dan memiliki nilai sejarah.

Bangunan Museum Nasional dibangun oleh pemerintah Hindia-Belanda setelah rancangannya disetujui oleh Ludolph Anne Jan Wilt Baron Sloet van de Beele, Gubernur Jenderal Hindia-Belanda, pada 30 Juli 1864. Bangunan selesai pada 1868. Menurut Hans Groot dalam Van Batavia naar Weltevreden. Het Bataviaasch Genootschap van Kunsten en Wetenschappen, 1778-1867 (KITLV, Leiden, 2009) pada bulan Maret 1868 berdasarkan hasil rapat dewan pengurus Bataviaasch Genootschap, museum dibuka untuk umum hari Selasa, Kamis, dan Minggu.

Memuat data...
Memuat data...