logo Kompas.id
β€Ί
Ekonomiβ€ΊAnime dan Keberhasilan Jepang ...
Iklan

Anime dan Keberhasilan Jepang Menghilirisasi Industri Kreatif

Produk anime dan turunnya kini lebih banyak dikonsumsi oleh masyarakat di luar Jepang daripada di dalam negeri.

Oleh
DIMAS WARADITYA NUGRAHA
Β· 1 menit baca
Pejalan kaki melewati poster yang mengiklankan waralaba manga<i> Dragon Ball </i>yang populer di sepanjang jalan di daerah Akihabara, Tokyo, 8 Maret 2024.
AFP/RICHARD A BROOKS

Pejalan kaki melewati poster yang mengiklankan waralaba manga Dragon Ball yang populer di sepanjang jalan di daerah Akihabara, Tokyo, 8 Maret 2024.

Dalam sebuah duel tim papan tengah pada pekan ke-37 Liga Inggris musim 2023/2024, kala Bournemouth menjamu Brentford di kandang mereka, Stadion Vitality, gemuruh pendukung tuan rumah pecah usai striker Bournemouth asal Inggris, Dominic Solanke, mencetak gol pada menit ke-89.

Sesaat setelah menceploskan bola ke gawang lawan, Solanke mengambil topeng Tobi alias Obito Uchiha, salah satu karakter antagonis dari serial anime populer Naruto. Di hadapan ribuan suporter, Solanke mengenakan topeng berwarna oranye dengan motif spiral sembari melakukan gerakan kamui, sebuah jurus ninja andalan Obito Uchiha untuk memindahkan obyek ke dimensi lain.

Editor:
AUFRIDA WISMI WARASTRI
Bagikan