pemasaran
Ketika Perdagangan Ritel ”Offline” Semakin Personal
Teknologi digital akan meningkatkan efisiensi perdagangan dan pengalaman pelanggan yang bisa naikkan keuntungan.
/https%3A%2F%2Fasset.kgnewsroom.com%2Fphoto%2Fpre%2F2024%2F09%2F13%2Fbb87b75c-08d8-42bf-a75a-fa612d101d92_jpg.jpg)
Pusat kontrol platform iklan konten cloud milik PT Digital Mediatama Maxima Tbk, di Jakarta, Kamis (12/9/2024), dipasang di sejumlah toko ritel di Indonesia.
Pernahkah Anda melewati layar digital di suatu tempat, kemudian layar itu menampilkan iklan mobil Jeep saat Anda mengenakan pakaian bertuliskan ”Jeep”? Bisa jadi Anda mengira ini hanya kebetulan. Bagaimana jika ada strategi lain di balik layar digital tersebut?
Strategi personalisasi iklan di luar jaringan (offline) kini terus dikembangkan di dunia. Jika dulu para pemasar yang menambang berbagai data dari masyarakat yang diperlukan untuk beriklan, kini pekerjaan itu dapat dilakukan teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI).
Versi cetak artikel ini terbit di harian Kompas edisi di halaman 10 dengan judul "Ritel "Offline" yang Semakin Personal".
Baca Epaper Kompas