logo Kompas.id
EkonomiKetika Perdagangan Ritel...
Iklan

pemasaran

Ketika Perdagangan Ritel ”Offline” Semakin Personal

Teknologi digital akan meningkatkan efisiensi perdagangan dan pengalaman pelanggan yang bisa naikkan keuntungan.

Oleh
ERIKA KURNIA
· 1 menit baca
Pusat kontrol platform iklan konten <i>cloud</i> milik PT Digital Mediatama Maxima Tbk, di Jakarta, Kamis (12/9/2024), dipasang di sejumlah toko ritel di Indonesia.
KOMPAS/ERIKA KURNIA

Pusat kontrol platform iklan konten cloud milik PT Digital Mediatama Maxima Tbk, di Jakarta, Kamis (12/9/2024), dipasang di sejumlah toko ritel di Indonesia.

Pernahkah Anda melewati layar digital di suatu tempat, kemudian layar itu menampilkan iklan mobil Jeep saat Anda mengenakan pakaian bertuliskan ”Jeep”? Bisa jadi Anda mengira ini hanya kebetulan. Bagaimana jika ada strategi lain di balik layar digital tersebut?

Strategi personalisasi iklan di luar jaringan (offline) kini terus dikembangkan di dunia. Jika dulu para pemasar yang menambang berbagai data dari masyarakat yang diperlukan untuk beriklan, kini pekerjaan itu dapat dilakukan teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI).

Editor:
ARIS PRASETYO
Bagikan

Versi cetak artikel ini terbit di harian Kompas edisi di halaman 10 dengan judul "Ritel "Offline" yang Semakin Personal".

Baca Epaper Kompas
Terjadi galat saat memproses permintaan.
Artikel Terkait
Belum ada artikel
Iklan