logo Kompas.id
Ekonomi”Quest” Menjadikan Industri...
Iklan

”Quest” Menjadikan Industri Gim Lokal Tuan Rumah di Negeri Sendiri!

Ukuran industri kita tidak ada apa-apanya dibanding China, Korea Selatan, Jepang, AS. ”There's always room to improve”.

Oleh
AGUSTINUS YOGA PRIMANTORO
· 0 menit baca
Pengunjung mencoba gim yang disediakan salah satu stan peserta pameran teknologi informasi dan komunikasi Indocomtech 2022 yang berlangsung di Jakarta Convention Center, Jakarta, Rabu (22/6/2022).
KOMPAS/RADITYA HELABUMI

Pengunjung mencoba gim yang disediakan salah satu stan peserta pameran teknologi informasi dan komunikasi Indocomtech 2022 yang berlangsung di Jakarta Convention Center, Jakarta, Rabu (22/6/2022).

Dalam sebuah gim petualangan, para pemainnya akan selalu dihadapkan dengan berbagai tantangan dalam bentuk quest atau misi sesuai dengan alur cerita yang telah didesain oleh pengembang. Biasanya, setiap misi akan memiliki tingkat kesulitannya masing-masing dan akan mengikuti perkembangan level pemain.

Layaknya quest, industri gim Indonesia saat ini tengah menjalankan sebuah misi, yakni menjadi tuan rumah di negeri sendiri. Bagaimana tidak, sebagian besar tetesan pertumbuhan dari pasar gim di Indonesia masih dinikmati oleh pengembang asing.

Editor:
AUFRIDA WISMI WARASTRI
Bagikan