logo Kompas.id
β€Ί
Ekonomiβ€ΊDua Sisi Pemanfaatan Biomassa ...
Iklan

Dua Sisi Pemanfaatan Biomassa untuk PLTU

Permintaan biomassa dari kayu dikhawatirkan mengancam kelestarian hutan. Apa pun, langkah ini bisa kurangi energi fosil.

Oleh
ADITYA PUTRA PERDANA
Β· 1 menit baca
Pekerja menata serpihan kayu (<i>wood chip</i>) yang dicacah dari kayu di atas truk di Beber, Kecamatan Batukliang, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, Senin (10/6/2024). Produk biomassa <i>wood chip</i> dari tempat ini nantinya dipasok ke PLTU Jeranjang di Desa Taman Ayu, Gerung, Lombok Barat.
KOMPAS/HERU SRI KUMORO

Pekerja menata serpihan kayu (wood chip) yang dicacah dari kayu di atas truk di Beber, Kecamatan Batukliang, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, Senin (10/6/2024). Produk biomassa wood chip dari tempat ini nantinya dipasok ke PLTU Jeranjang di Desa Taman Ayu, Gerung, Lombok Barat.

Implementasi pencampuran biomassa dengan batubara atau co-firing pada pembangkit listrik tenaga uap mampu meningkatkan kontribusi energi terbarukan dalam bauran energi kelistrikan. Pemanfaatan limbah pengolahan kayu (biomassa) juga turut menggerakkan ekonomi masyarakat.

Di sisi lain, permintaan biomassa dari kayu dikhawatirkan mengancam kelestarian hutan. Apa pun, pemanfaatan limbah kayu ditujukan untuk mengurangi energi fosil.

Editor:
ALFONSUS HARYO DAMARDONO, HAMZIRWAN HAMID
Bagikan