Inovasi Usaha
Sejumlah Perusahaan Transportasi Mulai Sediakan Layanan Inklusif untuk Kelompok Rentan
Pemerintah dan swasta berupaya berpihak kepada kelompok rentan dengan menyediakan transportasi yang inklusif.
/https%3A%2F%2Fasset.kgnewsroom.com%2Fphoto%2Fpre%2F2023%2F01%2F24%2Fd3ca9314-59f4-4500-b804-5ace36636cba_jpg.jpg)
Petugas menyimulasikan pelayanan bagi penumpang difabel di rangkaian kereta LRT di Stasiun Pegangsaan Dua, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Selasa (24/1/2023). LRT Jakarta melalui kampanye #NyamankanJakarta mewujudkan pelayanan transportasi publik yang prima dengan menumbuhkan rasa aman, nyaman, dan ramah lingkungan sehingga terciptanya transportasi publik yang ramah anak, ramah perempuan, serta ramah disabilitas.
JAKARTA, KOMPAS — Sejumlah perusahaan transportasi mulai menyediakan layanan inklusif untuk kelompok rentan. Untuk mengembangkannya lebih lanjut, perlu kolaborasi dengan pemangku kepentingan lain, termasuk pemerintah.
PT Blue Bird Tbk, misalnya, meluncurkan layanan taksi inklusif atau Lifecare Taxi di Jakarta, Kamis (25/4/2024). Sebagai awal, perusahaan memiliki lima unit armada. Sebanyak tiga unit di Jakarta dan dua unit di Bali.