logo Kompas.id
›
Ekonomi›Diaspora Kuliner Nusantara,...
Iklan

Diaspora Kuliner Nusantara, Kaya Cita Rasa tapi Miskin Dukungan

Kuliner Nusantara di luar negeri belum dalam dan luas menyebar. Potensi besar, dukungan minimalis.

Oleh
YOSEPHA DEBRINA RATIH PUSPARISA
· 0 menit baca
Pendiri sekaligus Kepala Chef Toba Restoran dan Pino’s Warung, Pino Edward Sinaga, mempersiapkan menu Indonesia sebelum disajikan kepada pelanggan di Restoran Toba, London, Inggris.
TOBA RESTAURANT

Pendiri sekaligus Kepala Chef Toba Restoran dan Pino’s Warung, Pino Edward Sinaga, mempersiapkan menu Indonesia sebelum disajikan kepada pelanggan di Restoran Toba, London, Inggris.

Kuliner Indonesia punya kekayaan citarasa, berlimpah rempah. Meski penetrasinya ke pasar internasional belum sedalam dan seluas kuliner Vietnam atau Thailand misalnya, kuliner Nusantara sudah hadir di sejumlah negara,

Apresiasinya lumayan. Potensinya untuk berkembang besar. Ini menciptakan peluang pasar bagi para pelaku usaha katering, warung makan, dan restoran di negeri orang. Namun tidak sekadar itu saja. Jaringan kuliner suatu bangsa di pasar global adalah instrumen soft power diplomacy yang efektif.

Editor:
FX LAKSANA AGUNG SAPUTRA
Bagikan