logo Kompas.id
β€Ί
Ekonomiβ€ΊAdu Kuat Pelaku E-dagang...
Iklan

Adu Kuat Pelaku E-dagang Indonesia

Ada lokapasar yang menggelontorkan biaya pemasaran agresif. Keuangan digital juga jadi pilar pendapatan.

Oleh
MEDIANA
Β· 0 menit baca
Tampilan unduhan aplikasi Shopee dan Tokopedia di Playstore, Juni 2021.
RADITYA HELABUMI

Tampilan unduhan aplikasi Shopee dan Tokopedia di Playstore, Juni 2021.

Persaingan bisnis perdagangan secara elektronik atau e-dagang di Indonesia masih ketat. Shopee dan Tokopedia yang saham mayoritasnya dimiliki Tiktok saling adu kekuatan. Para pemain menyediakan fasilitas teknologi finansial yang dimiliki sendiri ataupun berkolaborasi dengan perusahaan teknologi lain untuk memikat konsumen.

Perusahaan teknologi raksasa Asia Tenggara, Sea Limited, yang mengoperasikan Shopee, menggelontorkan biaya pemasaran yang besar untuk memenangkan konsumen meskipun kemudian membukukan total laba kotor 1,5 miliar dollar AS pada triwulan IV-2023, turun dibandingkan triwulan IV-2022 yang sebesar 1,7 miliar dollar AS.

Editor:
AUFRIDA WISMI WARASTRI
Bagikan