logo Kompas.id
β€Ί
Ekonomiβ€ΊBahagia Itu Mahal
Iklan

Bahagia Itu Mahal

Makin banyak orang tertarik mengeluarkan uang untuk mendapat pengalaman langsung dibandingkan kepemilikan barang mewah.

Oleh
ANDREAS MARYOTO
Β· 1 menit baca
Suasana menjelang konser grup musik Korea Selatan, NCT 127, di Stadion Indonesia Arena, kompleks Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (13/1/2024). Konser bertajuk The Unity ini berlangsung pada 13-14 Januari 2024.
KOMPAS/SEKAR GANDHAWANGI

Suasana menjelang konser grup musik Korea Selatan, NCT 127, di Stadion Indonesia Arena, kompleks Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (13/1/2024). Konser bertajuk The Unity ini berlangsung pada 13-14 Januari 2024.

Singapura mengadakan konser Coldplay selama enam hari. Mereka juga mengundang Taylor Swift untuk berkonser dengan jumlah hari yang sama. Bruno Mars bakal tampil tiga hari di negara itu. Ekonomi konser dan acara lain tumbuh luar biasa pascapandemi. Tak hanya itu, fenomena ini ternyata mempunyai cerita lebih menarik lagi. Singapura paham mengelola ekonomi baru ini, namun ada yang perlu diwaspadai.

Pemerintahan di sejumlah negara berupaya menggerakkan ekonomi yang stagnan pascapandemi. Berbagai cara dilakukan, namun tak juga terangkat. Bisnis konser, olahraga, nonton film, dan lain-lain menggerakkan ekonomi baru ini. Kini, ekonomi tak lagi digerakkan dengan kepemilikan barang. Di satu sisi, semakin banyak orang yang tertarik mengeluarkan uang untuk mendapatkan pengalaman langsung dibandingkan kepemilikan barang-barang mewah.

Editor:
ARIS PRASETYO
Bagikan