logo Kompas.id
EkonomiLokapasar Memudahkan Penjualan...
Iklan

Lokapasar Memudahkan Penjualan Batik

Pada saat program promo ”Beli Lokal”, transaksi mode lokal yang di antaranya batik naik sembilan kali lipat.

Oleh
MEDIANA
· 1 menit baca
Seorang karyawan dari Batik Kalimataya menunjukkan lapak daringnya pada lokapasar Tokopedia di Stadion Manahan, Kota Surakarta, Jawa Tengah, Sabtu (30/7/2022).
KOMPAS/NINO CITRA ANUGRAHANTO

Seorang karyawan dari Batik Kalimataya menunjukkan lapak daringnya pada lokapasar Tokopedia di Stadion Manahan, Kota Surakarta, Jawa Tengah, Sabtu (30/7/2022).

YOGYAKARTA, KOMPAS  —  Platform perdagangan secara elektronik, seperti lokapasar, dapat menjadi ruang yang potensial untuk memperluas pemasaran batik lokal. Namun, pada saat bersamaan, platform yang sama menyimpan risiko sebagai tempat yang memudahkan akses belanja barang batik impor.

Wakil Direktur Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Tokopedia Hilmi Adrianto, di sela-sela peluncuran resmi program #MelokalDenganBatik, Senin (5/2/2024), di Yogyakarta, mengatakan, sifat platform lokapasar adalah user generated content atau segala konten diunggah oleh pengguna. Oleh karena itu, untuk melindungi konsumen dan menjaga kesehatan industri dalam negeri, termasuk batik, Tokopedia terus-menerus mendorong agar penjual mencantumkan deskripsi asal barang secara transparan.

Editor:
AUFRIDA WISMI WARASTRI
Bagikan