logo Kompas.id
EkonomiYunani Akan Bantu Jadi...
Iklan

Yunani Akan Bantu Jadi ”Jembatan” Penghubung ke UE

Yunani siap membantu RI sebagai penghubung dengan Uni Eropa terkait hambatan dagang yang dialami RI untuk komoditas CPO dan kayu olahan. Pasalnya, Yunani juga membutuhkan dua komoditas tersebut dari RI.

Oleh
SUHARTONO
· 1 menit baca
Seorang pekerja memanen tandan buah segar sawit di sebuah perkebunan di Cimulang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, 10 September 2019.
ANTARA FOTO/YULIUS SATRIA WIJAYA

Seorang pekerja memanen tandan buah segar sawit di sebuah perkebunan di Cimulang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, 10 September 2019.

ATHENA, KOMPAS – Sebagai bentuk komitmen kerja sama kedua negara yang telah berlangsung selama 75 tahun, Yunani menyatakan keinginannya menjadi ”jembatan” komunikasi ke negara-negara Eropa. Langkah itu dilakukan Yunani untuk menerobos larangan ekspor minyak kelapa sawit (CPO) dan masuknya kayu olahan ke negara-negara di kawasan Uni Eropa.

Upayanya, selain akan meningkatkan nilai perdagangannya dengan Indonesia di bidang ekpor CPO dan kayu olahan, Yunani juga akan terlebih dahulu mengirimkan delegasi ekonominya ke Indonesia untuk menindaklanjuti langkah konkret upaya Yunani tersebut. Langkah Yunani menjadi jembatan akan segera disiapkan Pemerintah Indonesia.

Editor:
ARIS PRASETYO
Bagikan