logo Kompas.id
β€Ί
Ekonomiβ€ΊKopi, Nongkrong, dan Gairah...
Iklan

Kopi, Nongkrong, dan Gairah Industri Gen Z dan Milenial

Populasi Indonesia yang mayoritas Muslim membuat kedai kopi jadi tempat nongkrong bagi anak muda, bukan bar. Kaum milenial pun jadi penggerak gelombang ke-4 industri kopi yang mampu bersaing dengan gerai internasional.

Oleh
YOSEPHA DEBRINA RATIH PUSPARISA
Β· 1 menit baca

–

Stan pameran kopi dipadati pengunjung dalam Trade Expo Indonesia (TEI) 2023 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City, Tangerang, Banten, Rabu (18/10/2023).
KOMPAS/PRIYOMBODO (PRI)

Stan pameran kopi dipadati pengunjung dalam Trade Expo Indonesia (TEI) 2023 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City, Tangerang, Banten, Rabu (18/10/2023).

Kopi bukan lagi komoditas semata, melainkan bak roh bagi banyak orang, utamanya anak muda. Tanpa kopi, hidup terasa hampa. Apresiasi pada kopi mendorong anak muda itu menciptakan beragam gebrakan baru yang menggairahkan industri kopi dalam negeri.

Editor:
AUFRIDA WISMI WARASTRI
Bagikan