Sekali Lagi, Transformasi
Dalam konteks transformasi bisnis berkelanjutan kali ini, perusahaan dan pebisnis harus menyiapkan pasar agar memiliki literasi yang memadai tentang perubahan iklim dan respons yang harus dilakukan.
Sejumlah perusahaan mungkin belum selesai melakukan transformasi digital. Kini mereka harus bertransformasi menjadi perusahaan yang berkelanjutan (sustainable). Transformasi ini bukan lagi pilihan, melainkan kewajiban. Semula mungkin yang disebut bisnis berkelanjutan atau bisnis hijau masih sebagai jargon, tetapi sekarang semua ini jelas di depan mata dan harus dijalani. Komunikasi dalam transformasi bisnis berkelanjutan menjadi kunci sukses agar internal perusahaan memahami masalah dan juga mendidik pasar.
Sejumlah media global diundang perusahaan Honeywell yang berpusat di Charlotte, Amerika Serikat, awal September lalu, untuk melihat transformasi bisnis mereka dalam merespons perubahan iklim. Perusahaan ini mempunyai empat bisnis utama, yaitu terkait penerbangan, teknologi terkait bangunan, kinerja material, serta solusi keamanan dan produktivitas. Kita mungkin sulit membayangkan produk riil mereka. Produk mereka sebenarnya bersentuhan langsung dengan keseharian kita seperti refrigeran, hidrogen cair, sistem sensor keamanan, dan lain-lainnya.