logo Kompas.id
β€Ί
Ekonomiβ€ΊPelaku UMKM Didorong...
Iklan

Pelaku UMKM Didorong Tingkatkan Pengelolaan Jenama

Pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah perlu membangun merek atau jenama, tak hanya berorientasi pada perdagangan produk atau jasanya. Konsumen pun perlu belajar mencintai merek lokal untuk mendorong kemajuan UMKM.

Oleh
YOSEPHA DEBRINA RATIH PUSPARISA
Β· 0 menit baca
Seorang pengunjung menjajal beragam properti pemotretan dalam Pameran Puncak Indonesia UMKM (ISSE) 2023 di ICE BSD, Tangerang, Banten, Selasa (29/8/2023).
KOMPAS/YOSEPHA DEBRINA R PUSPARISA

Seorang pengunjung menjajal beragam properti pemotretan dalam Pameran Puncak Indonesia UMKM (ISSE) 2023 di ICE BSD, Tangerang, Banten, Selasa (29/8/2023).

JAKARTA, KOMPAS β€” Kesadaran pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah atau UMKM dalam membangun merek masih rendah. Padahal, unsur tersebut merupakan aset tak berwujud yang menentukan masa depan produk. Seluruh pihak perlu bekerja sama untuk membangun kesadaran merek.

Asisten Deputi Kemitraan dan Perluasan Pasar Kementerian Koperasi dan UKM Pixy menyayangkan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) Indonesia yang kurang memperhatikan pentingnya merek atau jenama. Pelaku usaha mikro, khususnya, masih mementingkan dagangan yang laku. Sementara merek-merek lain dengan merek yang berpengaruh dan cukup dikenal malah diakusisi atau dibeli pelaku usaha asing.

Editor:
MUHAMMAD FAJAR MARTA
Bagikan