Kebijakan Zero ”Overdimension Overload” Belum Optimal, Pengusaha Minta Ditunda
Kebijakan zero ”overdimension overload” atau bersih dari kendaraan kelebihan muatan dan dimensi ditargetkan terealisasi tahun 2023. Namun, pengusaha masih belum siap untuk menerapkan kebijakan tersebut.
JAKARTA, KOMPAS — Penerapan kebijakan bersih dari kelebihan dimensi dan muatan truk atau zero overdimension overload pada 2023 masih belum optimal. Meskipun dapat berpengaruh pada kenaikan harga komoditas tertentu, kebijakan tersebut dapat memberikan nilai ekonomi tersendiri.
Mengacu pada keterangan resmi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), overdimension overload menjadi salah satu faktor penyebab kerusakan jalan serta dapat menimbulkan risiko kecelakaan akibat kapasitas beban yang berlebih. Rata-rata anggaran pemeliharaan kerusakan jalan nasional, jalan tol, dan jalan provinsi akibat overdimension overload mencapai Rp 43,45 triliun setiap tahun.