logo Kompas.id
EkonomiManfaat Layanan ”Online...
Iklan

Manfaat Layanan ”Online Groceries” Belum Optimal bagi Pedagang Pasar

Keberadaan perusahaan rintisan bidang teknologi ”online groceries” dipercaya mampu membantu pedagang, termasuk di pasar tradisional, meningkatkan pendapatan. Namun, industri rintisan sedang mengalami tekanan investasi.

Oleh
MEDIANA
· 0 menit baca
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mengunjungi lapak pedagang di Pasar Rasamala, Kecamatan Banyumanik, Kota Semarang, Jawa Tengah, Jumat (2/12/2022).
KOMPAS/P RADITYA MAHENDRA YASA

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mengunjungi lapak pedagang di Pasar Rasamala, Kecamatan Banyumanik, Kota Semarang, Jawa Tengah, Jumat (2/12/2022).

JAKARTA, KOMPAS  —  Keberadaan layanan digital untuk pemesanan kebutuhan sehari-hari atau online groceries berpotensi membantu pedagang kecil menengah, termasuk di pasar tradisional, mendongkrak pendapatan. Namun, potensi itu dinilai belum bisa dirasakan semua pedagang.

Anggota tim riset Titipku (perusahaan rintisan bidang teknologi yang menyediakan online groceries), Angre Edvra, mengatakan, sejumlah pedagang pasar tradisional yang bergabung di platform Titipku mengaku mengalami kenaikan pendapatan rata-rata 30 persen per bulan. Mereka merasa keberadaan layanan online groceries membantu mereka tetap terhubung dengan pelanggan loyal.

Editor:
MUKHAMAD KURNIAWAN
Bagikan