logo Kompas.id
EkonomiMedia Sosial, Layanan...
Iklan

Media Sosial, Layanan Keuangan, dan E-Dagang Jadi Target Utama ”Phising”

Selama 2018  hingga triwulan I-2023 terdapat 69.117 laporan ”phising” domain .id yang berhasil dikumpulkan melalui dasbor IDADX. Media sosial merupakan target utama, selain layanan keuangan dan e-dagang.

Oleh
MEDIANA
· 0 menit baca
(Dari kiri ke kanan) Deputi Pengembangan, Riset Terapan, Inovasi, dan Teknik Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI) M Fauzi, Wakil Ketua Bidang Administrasi Registrasi Teddy Affan Perwakilan, Ketua Umum Yudho Giri Sucahyo, serta Wakil Ketua Deputi Pengembangan, Riset Terapan, Inovasi, dan Teknik Isnawan.
MEDIANA

(Dari kiri ke kanan) Deputi Pengembangan, Riset Terapan, Inovasi, dan Teknik Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI) M Fauzi, Wakil Ketua Bidang Administrasi Registrasi Teddy Affan Perwakilan, Ketua Umum Yudho Giri Sucahyo, serta Wakil Ketua Deputi Pengembangan, Riset Terapan, Inovasi, dan Teknik Isnawan.

Ancaman kejahatan siber berupa pengelabuan untuk mendapatkan informasi sensitif atau phising terus berkembang, baik modus maupun targetnya. Media sosial, layanan keuangan, dan e-dagang menjadi sasaran utama.

Perkembangannya diduga seiring dengan tren kenaikan penetrasi pengguna internet dan transformasi layanan digital yang dilakukan oleh berbagai lembaga. Untuk perkembangan phising, salah satunya bisa dilihat dari Indonesia Anti-Phishing Data Exchange (IDADX) yang dikelola oleh Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI).

Editor:
NUR HIDAYATI
Bagikan