logo Kompas.id
β€Ί
Ekonomiβ€ΊUMKM Dominasi Lokapasar Bukan ...
Iklan

UMKM Dominasi Lokapasar Bukan dengan Produk Lokal

Lokapasar didominasi oleh UMKM dengan proporsi 98,1 persen. Namun, barang yang diperjualbelikan oleh UMKM didominasi produk-produk dari merek besar dan barang-barang impor.

Oleh
Mis Fransiska Dewi
Β· 1 menit baca
Pekerja merapikan kemasan kopi di Rumah Kopi 49, Lampung, Sabtu (18/3/2023). Rumah Kopi 49 dapat memproduksi 20 ton kopi dalam sebulan. Kopi tersebut dijual ke sejumlah daerah di Sumatera, Jabodetabek, Jawa Barat, hingga Jawa Tengah. Mereka mendapatkan buah kopi dari Kabupaten Lampung Barat, Kabupaten Tanggamus, dan Kabupaten Way Kanan.
FAKHRI FADLURROHMAN

Pekerja merapikan kemasan kopi di Rumah Kopi 49, Lampung, Sabtu (18/3/2023). Rumah Kopi 49 dapat memproduksi 20 ton kopi dalam sebulan. Kopi tersebut dijual ke sejumlah daerah di Sumatera, Jabodetabek, Jawa Barat, hingga Jawa Tengah. Mereka mendapatkan buah kopi dari Kabupaten Lampung Barat, Kabupaten Tanggamus, dan Kabupaten Way Kanan.

Tidak banyak usaha berskala mikro kecil yang bisa naik kelas, berkembang menjadi lebih besar, karena kebanyakan usaha mikro kecil tidak memiliki kapasitas untuk melakukan diferensiasi produk. Menciptakan produk dengan keunikan memerlukan inovasi. Sementara inovasi butuh kapasitas, termasuk waktu dan biaya, yang menjadi tantangan besar bagi usaha mikro kecil.

Oleh karena itu, lembaga agregator diperlukan untuk membantu usaha mikro kecil (UMK) membuka pasar. Agregator juga dapat menyediakan input dan teknologi serta membantu melakukan inovasi.

Editor:
NUR HIDAYATI
Bagikan