Persaingan Antarlokapasar di Indonesia Berlangsung Sengit
Karakteristik konsumen Indonesia relatif masih berorientasi pada harga. Dengan kata lain, harga masih menjadi faktor utama dalam pembelian barang.
JAKARTA, KOMPAS โ โPerusahaan perdagangan secara elektronik atau e-dagang asal China, JD.com, santer dikabarkan sedang mempertimbangkan hengkang dari lokapasar JD Indonesia dan Thailand demi fokus mempertajam pasar di negara asal. Ketatnya persaingan pasar e-dagang di Indonesia diduga turut memengaruhi keputusan perusahaan asal China tersebut.
Rumor JD.com akan hengkang sebagai pemegang modal di JD Indonesia dan Thailand sebenarnya telah mencuat pada akhir November 2022. Media The South China Morning Post pada 29 November 2022 pernah menuliskan, JD.com sedang mencari investor baru untuk mengambil alih kepemilikannya di JD.ID, perusahaan patungannya di Indonesia dengan Provident Capital. Lalu, JD.com juga sedang berusaha cabut dari JD Central, lokapasar patungan JD.com dengan perusahaan Thailand bernama Central Group. Di kedua negara ini, meraup pertumbuhan penjualan masih jadi tantangan.