Pemetaan Literasi Ekosistem Digital Perkuat Kebijakan untuk Ekspor UMKM
Untuk mengatasi tantangan ekspor, UMKM mesti berkomunitas dan diintegrasikan dengan industri untuk menggarap sumber daya potensial di daerahnya. Artinya, integrasi tersebut sebaiknya berbasis wilayah.
JAKARTA, KOMPAS โ Indeks yang mencerminkan tingkat literasi ekonomi digital di tataran kabupaten/kota bisa menjadi landasan kebijakan penguatan usaha mikro, kecil, dan menengah atau UMKM, termasuk untuk mengekspor produknya. Produk ekspor UMKM dapat semakin berdaya saing jika bergabung sebagai suatu komunitas berbasis daerah yang terintegrasi dengan industri.
Tim Litbang Kompas dan Lazada memublikasikan studi berjudulโIndonesia Digital Economy Literacy Index 2022โ pada Indonesia Digital Economy Conference yang digelar di Jakarta, Selasa (29/11/2022). Studi ini menganalisis data sekunder untuk menilai 514 kota/kabupaten se-Indonesia. Selain itu, terdapat wawancara kepada 1.200 responden yang tersebar di 18 kota/kabupaten dalam proses penelitian tersebut.