Selamat Datang Generasi Alfa
Apa dampak kehadiran generasi alfa, yakni mereka yang lahir antara tahun 2011 dan 2025, bagi dunia bisnis? Kendati belum masuk pasar kerja, mereka merupakan pasar masa depan. Pemilik merek perlu paham siapa mereka.
Belum selesai kita membahas generasi Y dan Z, kita sudah harus mengamati kehadiran generasi alfa. Mereka tentu belum masuk ke dunia kerja karena mereka lahir antara tahun 2011 dan 2025. Meski demikian, mereka sudah mulai masuk ke pasar sebagai konsumen. Bagaimana karakter mereka? Apa yang perlu disiapkan sebuah korporasi untuk memahami konsumen baru ini?
Kita mungkin akan kaget dengan kriteria generasi yang satu ini. Mark McCrindle yang mendirikan perusahaan konsultasi tentang generasi di Australia dengan nama Mc Crindle adalah orang pertama yang memberi istilah ini. Ia mendefinisikan, generasi alfa adalah generasi yang paling berlimpah materi, generasi yang paling paham teknologi yang pernah ada, dan mereka akan menikmati usia hidup yang lebih lama daripada generasi sebelumnya.