Solusi dari Rasa Nyeri
Kita akan mendapat gambaran jelas tentang masalah yang menimpa perusahaan ketika kita berada di luar perusahaan, semisal menjadi konsumen. Dibutuhkan sikap tenang dan kepala dingin saat meninjaunya.
Sebuah restoran di selatan Jakarta kerap dikenal sebagai restoran yang harus reservasi beberapa hari sebelum kita bisa duduk dan makan. Restoran ini sedemikian larisnya. Belakangan, pelanggan mulai sebal dengan perilaku pramusaji yang tak ramah dan dingin. Kekesalan itu membuat beberapa pelanggan urung kembali ke restoran itu. Cukup sudah!
Saat kita banyak mendapat pujian dari luar perusahaan dan kita bangga dengan produk kita maka kadang semua ini akan melenakan. Pelanggan yang masih ramai dan terus berdatangan membuat kita tak sadar mulai ada ”penyakit”. Oleh karena itu kadang kita perlu ”menjadi orang luar” dan merasakan produk dan layanan kita. Saat itu sesungguhnya kita bisa merasakan menjadi konsumen dan mendapatkan informasi berharga.