logo Kompas.id
β€Ί
Ekonomiβ€ΊManfaatkan Jejaring Jenama...
Iklan

Manfaatkan Jejaring Jenama Besar untuk Perluas Pasar

Untuk menggarap peluang pasar internasional, wirausaha perempuan perlu berjejaring dan berkolaborasi. Dengan jenama skala besar, misalnya. Akses berjejaring ini coba diupayakan melalui One Global Women Empowerment.

Oleh
MEDIANA
Β· 1 menit baca
(Kiri-kanan): Head of Sustainability and Corporate Affairs Unilever Indonesia Nurdiana Darus, Chair of B20 Indonesia Shinta W Kamdani, dan Chair of B20 Women in Business Action Council Ira Noviarti dalam konferensi pers platform pemberdayaan perempuan pekerja dan UMKM/IKM perempuan 'One Global Women Empowerment', Selasa (9/8/2022), di Jakarta.
MEDIANA

(Kiri-kanan): Head of Sustainability and Corporate Affairs Unilever Indonesia Nurdiana Darus, Chair of B20 Indonesia Shinta W Kamdani, dan Chair of B20 Women in Business Action Council Ira Noviarti dalam konferensi pers platform pemberdayaan perempuan pekerja dan UMKM/IKM perempuan 'One Global Women Empowerment', Selasa (9/8/2022), di Jakarta.

JAKARTA, KOMPAS β€” Ekspor ke luar negeri untuk memperluas pasar merupakan salah satu kendala yang dihadapi pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah atau UMKM dan industri kecil menengah atau IKM. Opsi jalan keluar yang bisa mereka ambil, yaitu berkolaborasi dengan perusahaan berskala besar, seperti masuk ke rantai pasok produksi.

”Masuk ke pasar luar negeri berarti pelaku usaha harus memahami permintaan konsumen di negara lain. Perusahaan skala besar umumnya lebih dulu memiliki pangsa pasar di negara lain. UMKM dan IKM, termasuk yang dikelola oleh wirausaha perempuan, bisa memanfaatkan perusahaan besar agar mereka mendapatkan akses pasar,” ujar Chair of Business 20 (B20) Indonesia dan CEO of Sintesa Group Shinta W Kamdani dalam konferensi pers terkait inisiatif One Global Women Empowerment (OGWE), Selasa (9/8/2022), di Jakarta.

Editor:
ARIS PRASETYO
Bagikan