Manfaatkan Jejaring Jenama Besar untuk Perluas Pasar
Untuk menggarap peluang pasar internasional, wirausaha perempuan perlu berjejaring dan berkolaborasi. Dengan jenama skala besar, misalnya. Akses berjejaring ini coba diupayakan melalui One Global Women Empowerment.
JAKARTA, KOMPAS β Ekspor ke luar negeri untuk memperluas pasar merupakan salah satu kendala yang dihadapi pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah atau UMKM dan industri kecil menengah atau IKM. Opsi jalan keluar yang bisa mereka ambil, yaitu berkolaborasi dengan perusahaan berskala besar, seperti masuk ke rantai pasok produksi.
βMasuk ke pasar luar negeri berarti pelaku usaha harus memahami permintaan konsumen di negara lain. Perusahaan skala besar umumnya lebih dulu memiliki pangsa pasar di negara lain. UMKM dan IKM, termasuk yang dikelola oleh wirausaha perempuan, bisa memanfaatkan perusahaan besar agar mereka mendapatkan akses pasar,β ujar Chair of Business 20 (B20) Indonesia dan CEO of Sintesa Group Shinta W Kamdani dalam konferensi pers terkait inisiatif One Global Women Empowerment (OGWE), Selasa (9/8/2022), di Jakarta.