logo Kompas.id
β€Ί
Ekonomiβ€ΊTurun, Keyakinan Konsumen...
Iklan

Turun, Keyakinan Konsumen terhadap Perekonomian

Turunnya keyakinan konsumen dipicu oleh kenaikan sejumlah harga barang.

Oleh
BENEDIKTUS KRISNA YOGATAMA
Β· 1 menit baca
Seorang warga membeli minyak goreng di salah satu ritel modern di Bandar Lampung, Selasa (8/2/2022).
KOMPAS/VINA OKTAVIA

Seorang warga membeli minyak goreng di salah satu ritel modern di Bandar Lampung, Selasa (8/2/2022).

JAKARTA, KOMPAS β€” Survei Konsumen yang dirilis Bank Indonesia, Jumat (8/4/2022), menyebutkan, Indeks Keyakinan Konsumen atau IKK Maret 2022 menurun dibandingkan pada Februari 2022. IKK triwulan pertama tahun ini juga menurun dibandingkan triwulan sebelumnya. Pengamat menilai, penurunan keyakinan konsumen itu karena kenaikan harga dan tidak terpenuhinya kebutuhan barang konsumen.

IKK Maret 2022 berada pada level 110, menurun dibandingkan pada Februari yang sebesar 113. Adapun IKK triwulan pertama tahun ini berada pada level 114,6 menurun dibandingkan triwulan keempat tahun lalu yang berada pada level 116,7. Meski demikian, IKK masih berada di level optimistis karena posisinya yang berada di atas level 100.

Editor:
MUHAMMAD FAJAR MARTA
Bagikan