Jasa Keuangan Paling Banyak Dikeluhkan
Dari 3.164 aduan layanan yang diterima Badan Perlindungan Konsumen Nasional, jenis layanan jasa keuangan, transaksi perumahan, dan e-dagang paling mendominasi di sepanjang 2021.
JAKARTA, KOMPAS β Badan Perlindungan Konsumen Nasional atau BPKN menerima 3.164 aduan dari konsumen pada Januari 2021 sampai 29 November 2021. Pengaduan tertinggi ada di sektor layanan jasa keuangan, yakni 2.143 aduan. Adapun total kerugian yang dialami konsumen pada periode tersebut mencapai Rp 2,45 triliun.
Wakil Ketua BPKN Mufti Mubarok mengatakan, jumlah aduan konsumen di periode tersebut lebih tinggi dibandingkan dengan aduan yang diterima BPKN pada periode 2020 yang sebanyak 1.372 aduan. Kerugian yang diderita konsumen yang mengadu untuk periode tahun lalu mencapai Rp 493,92 miliar. Selain jasa keuangan, layanan lain yang termasuk paling tinggi diadukan adalah e-dagang, yakni sebanyak 476 aduan dan transaksi perumahan sebanyak 240 aduan.