logo Kompas.id
EkonomiPeluang Bisnis Waralaba pada...
Iklan

Peluang Bisnis Waralaba pada 2022 Cukup Besar

Pada 2022, prospek bisnis waralaba diperkirakan tumbuh positif dan dapat melahirkan lapangan kerja baru. Peluang waralaba nasional untuk ”go global” ke Singapura, Malaysia, Filipina, dan Timur Tengah juga cukup besar.

Oleh
Hendriyo Widi
· 1 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/XPkvSSINYm9UROuX84JsUTGFEVQ=/1024x655/filters:watermark(https://cdn-content.kompas.id/umum/kompas_main_logo.png,-16p,-13p,0)/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2018%2F11%2F20181125_PAMERAN_A_web_1543152808.jpg
KOMPAS/RADITYA HELABUMI

Suasana pameran peluang waralaba Info Franchise and Business Concept (IFBC) yang berlangsung di Balai Kartini, Jakarta, Minggu (25/11/2018). Sektor waralaba turut berkontribusi pada penyerapan tenaga kerja dan menumbuhkan kemandirian usaha.

JAKARTA, KOMPAS — Peluang bisnis waralaba cukup besar pada 2022. Bisnis ini bisa menjadi alternatif bagi masyarakat untuk membuka usaha dan menggerakkan ekonomi nasional. Di tengah pandemi Covid-19, bisnis ini perlu ditopang dengan strategi marketing in crisis.

Kementerian Perdagangan (Kemendag) mencatat, pada 2020 terdapat 93.732 gerai waralaba di Indonesia dengan serapan tenaga kerja 628.622 orang. Total omzetnya Rp 54,4 miliar. Bisnis ini tumbuh stabil 5 persen setiap tahun.

Editor:
Aris Prasetyo
Bagikan