logo Kompas.id
β€Ί
Ekonomiβ€ΊMenjadi Agen Perubahan
Iklan

Menjadi Agen Perubahan

Perusahaan masih perlu banyak melakukan perubahan. Masalah-masalah yang tersembunyi perlu diangkat dan dicarikan jalan keluar, salah satunya terkait isu rasisme.

Oleh
ANDREAS MARYOTO
Β· 1 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/32cktbpOmGHts4bhtG1DxS4MFgs=/1024x997/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2021%2F09%2F20210928-Ilustrasi-Indonesia-Dan-Narasi-Asia_1632842209.jpg
Kompas

Didie SW

Dolce & Gabbana berusaha keras untuk memperbaiki citra jenama ini di China. Sebuah iklan yang berbau rasisme pada tahun 2018 ternyata masih mengecewakan masyarakat China hingga sekarang. Seorang model yang mengenakan produk mereka ikut dikecam publik. Perusahaan mode itu terus berjuang. Pada sebuah peragaan busana beberapa waktu lalu di Venice, mereka kembali ingin meminta maaf kepada publik.

Isu rasisme kini mudah sekali muncul di banyak perusahaan global. Bias karena suku, ras, dan agama kian menjadi isu sensitif di perusahaan. Semula masalah ini dianggap enteng dan cenderung didiamkan. Kini perusahaan mulai menangani masalah ini. Gerakan Black Lives Matter makin mendorong sejumlah perusahaan melakukan perubahan. Di dunia televisi, kita bisa melihat para penyiar kini memiliki beragam latar belakang.

Editor:
Nur Hidayati
Bagikan