Mengejar Adopsi Berkualitas
Ada sejumlah catatan positif terkait adopsi teknologi digital di Tanah Air dua tahun terakhir. Namun, fenomena itu melahirkan tantangan dan risiko baru yang mesti diantisipasi guna mencapai pertumbuhan yang berkualitas.
Laporan Facebook dan Bain&Co yang dipublikasikan akhir Agustus 2021, berjudul βSoutheast Asia, the Home for Digital Transformationβ, sekali lagi, menegaskan lonjakan adopsi digital di Tanah Air. Menurut laporan riset itu, ada tambahan 70 juta konsumen digital di Asia Tenggara sejak awal pandemi Covid-19 tahun 2020.
Di Indonesia, jumlah konsumen digital diproyeksikan mencapai 165 juta orang tahun ini, tumbuh 15,2 persen dibandingkan tahun lalu yang hanya 144 juta orang. Angka pertumbuhan itu tertinggi dibandingkan negara lain, seperti Vietnam yang konsumen digitalnya tumbuh 8 persen atau Malaysia, Filipina, dan Singapura yang masing-masing tumbuh 5 persen.