logo Kompas.id
EkonomiBukan Era ”Superman” yang...
Iklan

Bukan Era ”Superman” yang Serba Bisa, Kini Eranya Kolaborasi

Kolaborasi antara pelaku usaha mikro kecil produsen jenama lokal dengan pekerja kreatif menghasilkan produk yang lebih berkualitas dan menarik dalam kemasan serta pemasarannya. Kini bukan eranya jalan sendiri-sendiri.

Oleh
Benediktus Krisna Yogatama
· 1 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/bns2I-egnoJSAG1TC-gDaSSkOrc=/1024x691/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2021%2F05%2FIMG-20210518-WA0019_1621327277.jpg
ARSIP KEMENTERIAN KOPERASI DAN UKM

Ilustrasi. Produk UMKM yang semakin beragam menjadi daya tarik tersendiri bagi pasar lokal dan ekspor. Berbagai produk UMKM ini dipamerkan di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Pesatnya perkembangan teknologi informasi memberi peluang dan akses jauh lebih besar kepada pelaku usaha mikro kecil dan menengah untuk mengembangkan jenama dan produknya. Setiap pengusaha akhinya menjangkau pasarnya sendiri-sendiri. Namun, ketimbang bersaing dengan sesama pengusaha, mereka lebih baik berkolaborasi.

Dengan semangat itu PT Bank Central Asia Tbk atau BCA bekerja sama dengan komunitas kreatif Kreavi dan entitas lokapasar untuk UMKM dan produk jenama lokal Grebe menjalankan program ”BCA Bangga Lokal Kolaberaksi”.

Editor:
Mukhamad Kurniawan
Bagikan