logo Kompas.id
β€Ί
Ekonomiβ€ΊModel Baru Misi Dagang
Iklan

Model Baru Misi Dagang

Di tengah kerterbatasan, acara virtual membantu mengurangi berbagai pengeluaran perusahaan. Misalnya saja biaya seminar, konferensi, pameran, dan pertemuan, biaya akomodasi,serta biaya perjalanan.

Oleh
hendriyo widi
Β· 1 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/NeFkm5lD98m8uUCfSU1IzraFj_o=/1024x520/filters:watermark(https://cdn-content.kompas.id/umum/kompas_main_logo.png,-16p,-13p,0)/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2020%2F10%2FScreenshot_20200921-232033_Samsung-Internet_1602352556-e1602353631987.jpg
KOMPAS/ERIKA KURNIA

Tangkapan layar tampilan peta ruangan pameran International Franchise, License and Business Concept Expo & Conference (IFRA) Virtual Expo yang digelar pada September 2020.

Pandemi Covid-19 tak menyurutkan misi dagang antarpulau dan daerah, bahkan lintas negara. Pandemi yang membatasi perdagangan fisik justru melahirkan model baru membangun jaringan perdagangan dan bisnis secara virtual dan hibrida.

Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, Sekolah Ekspor, Kementerian Perdagangan, dan Kementerian Luar Negeri bekerja sama memanfaatkan momentum pandemi untuk memperkuat jaringan perdagangan dan bisnis secara virtual. Salah satunya dengan mempertemukan diaspora Indonesia di luar negeri dengan pelaku usaha di dalam negeri dalam ruang virtual.

Editor:
Nur Hidayati
Bagikan