Pelaku UMKM Perlu Memahami Etika Digital
Pelaku UMKM perlu memahami berbagai etika digital. Di era keterbukaan informasi, tanggung jawab UMKM tidak hanya sebatas menciptakan produk yang laku di pasaran, tetapi juga cara memasarkannya.
JAKARTA, KOMPAS β Pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah atau UMKM perlu memahami berbagai etika digital. Di era keterbukaan informasi, tanggung jawab UMKM tidak hanya sebatas menciptakan produk yang sesuai kebutuhan pasar, tetapi juga kejujuran demi menjaga reputasi.
Berbagai pendekatan batasan-batasan penggunaan digital tersebut mengemuka dalam webinar bertajuk βKiprah UMKM di Era Pandemi Covid-19β di Semarang, Jawa Tengah, Selasa (8/6/2021). Sejumlah praktisi ataupun dosen perguruan tinggi mencermati kemampuan UMKM Indonesia yang tak sepenuhnya memahami pengembangan bisnis, terlebih cara menggunakan media sosial.