”Advertere” Nusantara
Pariwara bisa mengisahkan Nusantara dan menandakan ekspansi produk-produk Indonesia. Pariwara sirup Marjan populer dengan dongeng rakyat, Sido Muncul dengan Rawa Pening, dan permen Kopiko dengan ”Vincenzo”.
Banyak cara memperkenalkan Indonesia melalui industri pariwara. Di era 1980-an, jingle Indomie ”Indomie Seleraku”, karya A Riyanto, memperkenalkan produk mi instan dan Indonesia dalam sebuah iklannya. Di era 90-an, sebuah produk rokok Bentoel juga memiliki jingle yang dinyanyikan Andy Williams, ”I Love The Blue of Indonesia”, turut mengusung kekayaan Nusantara.
Dalam alunan ”dari Sabang sampai Merauke”, Indomie, wajah potret sosial masyarakat (nelayan, petani, perkotaan, dan perdesaan), keindahan alam (sawah, laut, danau, pegunungan, dan sejumlah produk khas Nusantara (batik), ditampilkan. Begitu pula dalam video pariwara berdurasi sekitar 30 detik, Bentoel menghadirkan potensi alam wisata dan sejumlah budaya Nusantara, di antaranya keindahan ”Pulau Dewata”, pengukir patung, karapan sapi, rumah adat, wayang, dan nelayan.