EKONOMI KERAKYATAN
Bersama Hadapi Perang Harga
Perang harga di e-dagang kian menekan pelaku UMKM. Agar tidak bergantung pada e-dagang, mereka berhimpun dalam komunitas sambil meningkatkan kemampuan.
/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2021%2F04%2FIMG_20210411_154027_1618127693.jpg)
Tampilan kelompok obrolan dalam jaringan (daring) yang beranggotakan mayoritas pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah. Anggota di kelompok ini saling belajar untuk dapat meningkatkan kapasitas diri dalam mengembangkan bisnis.
Kelompok perbincangan dalam jaringan diwarnai berbagai kata berbau promosi. Perumus kalimat, yakni pemilik barang dagangan, meminta koreksi dan masukan atas berbagai kata itu. Sebagian kata yang dimaknai iklan menuai masukan.
Interaksi itu tergambar dalam kelompok obrolan daring ”Komunitas Bikin Konten by Finda Febriana” yang mayoritas anggotanya pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). ”Komunitas ini dibentuk agar pelaku UMKM dapat menjadi kuat bareng-bareng serta menjadi tuan rumah di negara sendiri. Saya sudah mengadakan kelas daring lewat Zoom dan mereka merasa dapat belajar,” kata Finda Febriana, pemilik usaha kerajinan aksesori Findyka.com, saat dihubungi, Jumat (9/4/2021).
Versi cetak artikel ini terbit di harian Kompas edisi di halaman 10 dengan judul "Bersama Hadapi Perang Harga".
Baca Epaper Kompas