UMKM Butuh Internet, Pendanaan, dan Penciptaan Pasar
Usaha mikro, kecil, dan menengah berupaya bertahan, bangkit, dan tumbuh di masa pandemi Covid-19. Berbagai cara dilakukan, antara lain mengadopsi layanan dan platform digital.
JAKARTA, KOMPAS — Agar mampu bertahan selama pandemi Covid-19 melalui digitalisasi, pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) memerlukan layanan internet yang terjangkau. Selain internet, tiga kebutuhan utama UMKM adalah pendanaan usaha dan penciptaan permintaan.
Berbagai kebutuhan UMKM itu mengemuka dalam riset ”Bertahan, Bangkit & Tumbuhnya UMKM di Tengah Pandemi melalui Adopsi Digital” yang diadakan Tokopedia dengan Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LPEM FEB UI). Data diperoleh dari survei terhadap 11.567 mitra penjual dan 9.259 pembeli serta transaksi penjual-pembeli di ekosistem Tokopedia. Survei secara dalam jaringan berlangsung pada 20 Oktober-22 November 2021.