Relasi Bank dengan Nasabah Perlu Dijaga untuk Membangun Kepercayaan
Perbankan di masa pandemi Covid-19 tidak hanya berfokus mempertahankan kinerja, tetapi juga dituntut membangun relasi dengan para nasabah. Sebab, bank bukan semata bisnis keuangan, melainkan bisnis kepercayaan.
JAKARTA, KOMPAS โ Bagi sektor perbankan, masa pandemi Covid-19 bukan sekadar bagaimana mempertahankan kinerja, melainkan juga bagaimana meningkatkan hubungan dengan para nasabah. Hubungan dengan nasabah harus dijaga untuk mempertahankan kepuasan, loyalitas, dan keterlibatan terhadap bank.
Hasil survei Market Research Indonesia (MRI) yang diluncurkan pada Selasa (9/2/2021) menunjukkan, pada 2021, tren dari indeks satisfication, loyalty, dan engagement (kepuasan, loyalitas, dan keterlibatan atau SLE) sektor perbankan sebesar 60,09. Meski ada kecenderungan naik, peningkatannya dinilai belum optimal.