logo Kompas.id
β€Ί
Ekonomiβ€ΊUMKM Bidik Ekspor ke Timur...
Iklan

UMKM Bidik Ekspor ke Timur Tengah

Usaha mikro, kecil, dan menengah menghadapi sejumlah tantangan untuk memperluas pasar ekspor, di antaranya standar kualitas produk.

Oleh
KARINA ISNA IRAWAN
Β· 1 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/g5u2W8XxXOPtlprqTgntI8_3DFg=/1024x1443/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2020%2F12%2F20201220-DMS-dukungan-UMKM-mumed_1608470238.png

JAKARTA, KOMPAS β€” Peningkatan daya saing ekspor usaha mikro, kecil, dan menengah atau UMKM akan mempercepat pemulihan ekonomi nasional. Salah satu pasar ekspor terbesar untuk produk-produk UMKM yang mesti dioptimalkan adalah ke kawasan Timur Tengah.

Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi menuturkan, negara-negara di wilayah Timur Tengah merupakan pangsa pasar ekspor UMKM terbesar. Sekitar 221.000 orang pergi haji dan 1 juta orang berangkat umrah setiap tahun.

Editor:
dewiindriastuti
Bagikan