logo Kompas.id
EkonomiHarbolnas 2020 Bisa Berperan...
Iklan

Harbolnas 2020 Bisa Berperan dalam Pemulihan Ekonomi

Tidak hanya menawarkan promosi bagi konsumen, Harbolnas 2020 memberikan akses pemasaran kepada pelaku UMKM di tengah pandemi Covid-19. Produk lokal mendapatkan panggung untuk menjangkau pasar lebih luas.

Oleh
M Paschalia Judith J
· 1 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/9vTq5KzPEGlOMmbvOJHBdfVf_Vs=/1024x726/filters:watermark(https://cdn-content.kompas.id/umum/kompas_main_logo.png,-16p,-13p,0)/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2019%2F12%2F20eeb927-002d-4dd9-b11d-1fab8b188aa9_jpg.jpg
KOMPAS/ALIF ICHWAN

Warga dengan menggunakan gawai dapat memilih barang-barang belanjaan yang dijual secara daring. Menteri Perdagangan Agus Suparmanto dalam Forum e-Commerce Indonesia 2019, di Jakarta, Senin (9/12/2019), meluncurkan Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) tanggal 11-12 Desember 2019.

JAKARTA, KOMPAS — Perputaran uang dalam Hari Belanja Online Nasional atau Harbolnas 2020 berpotensi memberikan dampak positif bagi pemulihan perekonomian nasional. Harbolnas menjadi solusi bagi penjual skala usaha mikro, kecil, dan menengah atau UMKM sekaligus konsumen yang hendak berbelanja di tengah pandemi Covid-19.

Ketua Umum Asosiasi e-Commerce Indonesia (idEA) Bima Laga berharap Harbolnas berdampak besar pada perbaikan roda perekonomian Indonesia di pengujung tahun. ”Sebagian besar penjual adalah UMKM. Semua promo bertujuan menaikkan jumlah dan nilai transaksi. Dengan demikian, semua pihak bisa menikmati dampak positif Harbolnas 2020 dan perekonomian kita bisa bertumbuh meski masih di era pandemi,” ujarnya saat dihubungi, Rabu (9/12/2020).

Editor:
Mukhamad Kurniawan
Bagikan