logo Kompas.id
EkonomiPeluang UMKM Jajal Ruang Pamer...
Iklan

Peluang UMKM Jajal Ruang Pamer Virtual

Responden melihat dua sisi dari penyelenggaraan sebuah pameran virtual. Ada pihak-pihak yang diuntungkan atau juga dirugikan ketika pameran secara konvensional berubah menjadi virtual.

Oleh
Agustina Purwanti (Litbang Kompas)
· 1 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/gwQIkxzsnT8KdQ63ZCw9FDdDx9s=/1024x683/filters:watermark(https://cdn-content.kompas.id/umum/kompas_main_logo.png,-16p,-13p,0)/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2019%2F07%2F20190712PRI2HR_1562925434.jpg
KOMPAS/ PRIYOMBODO

Pengunjung melihat noken khas Papua yang ditawarkan dalam Pameran Karya Kreatif Indonesia 2019 oleh Bank Indonesia di Jakarta Convention Center, Jakarta, Jumat (12/7/2019). Pameran yang mengangkat tema ”Mendorong Pertumbuhan Ekonomi melalui UMKM Go Export dan Go Digital” ini menonjolkan karya dari berbagai penjuru Nusantara, khususnya di bidang fashion, kerajinan, dan kuliner yang diikuti oleh 370 UMKM.

Pameran virtual menjadi ajang adaptasi UMKM untuk memperluas pasar dan modal usaha kala pandemi. Hal ini mungkin terwujud manakala UMKM mampu mengakses ruang pamer berteknologi digital.

Pameran konvensional yang menjadi ruang interaksi dan tatap muka dengan banyak pihak berpotensi menjadi kluster penyebaran Covid-19. Mengantisipasi hal tersebut, sejumlah lembaga memanfaatkan teknologi digital untuk menggelar pameran virtual, termasuk juga untuk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Editor:
Hendriyo Widi
Bagikan