logo Kompas.id
β€Ί
Ekonomiβ€ΊCiptakan Rasa Aman untuk...
Iklan

Ciptakan Rasa Aman untuk Dorong Belanja Masyarakat

Saat ini masyarakat cenderung mengalihkan konsumsi ke tabungan dan investasi. Selama tidak ada kepercayaan mereka tetap menahan belanja.

Oleh
KARINA ISNA IRAWAN
Β· 1 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/rsUyVJzDnXiJlKvfFwSVvkIlGdY=/1024x683/filters:watermark(https://cdn-content.kompas.id/umum/kompas_main_logo.png,-16p,-13p,0)/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2020%2F09%2F92ac7938-385f-46b8-875d-97e6020cd362_jpg.jpg
KOMPAS/TOTOK WIJAYANTO

Pengunjung berbelanja di pusat perbelanjaan ritel Hypermart di kawasan Tanah Abang, Jakarta, Kamis (24/9/2020). Tetap terjaganya aktivitas ekonomi di sektor riil diyakini dapat mempercepat perekonomian keluar dari jurang resesi dan selanjutnya kondisi ekonomi bisa pulih secara bertahap.

JAKARTA, KOMPAS β€” Kepercayaan dan rasa aman harus tercipta agar konsumsi kembali tumbuh positif. Selama pandemi, masyarakat cenderung mengalihkan sebagian besar porsi belanja ke tabungan dan investasi sehingga menahan perputaran roda ekonomi.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), konsumsi rumah tangga pada triwulan II-2020 tumbuh negatif 5,51 persen. Anjloknya konsumsi rumah tangga mengerek pertumbuhan ekonomi triwulan II-2020 menjadi minus 5,32 persen. Hal itu karena kontribusi konsumsi rumah tangga hampir 60 persen produk domestik bruto.

Editor:
Hendriyo Widi
Bagikan