logo Kompas.id
β€Ί
Ekonomiβ€ΊSaatnya Pelaku Usaha...
Iklan

Saatnya Pelaku Usaha Terintegrasi Ekosistem Digital

Kami percaya, di setiap krisis biasanya tumbuh atau timbul kesempatan baru. Bahkan, terkadang bisnis atau peluang usaha baru tersebut bisa menjadi bibit-bibit unggul untuk dikembangkan menjadi suatu usaha yang sukses.

Oleh
CYPRIANUS ANTO SAPTOWALYONO
Β· 1 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/adBZZQjn_YPMw6K9-0DesUlZSoQ=/1024x576/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2018%2F07%2F20180720_WARALABA_A_web.jpg
Kompas

Suasana pameran dan konferensi pameran lisensi dan waralaba Indonesia Franchise, License and Business Concept Expo and Conference (IFRA) 2018 yang berlangsung di Jakarta Convention Center, Jakarta, Jumat (20/7/2018). Bisnis waralaba tumbuh cukup signifikan karena menawarkan permodalan yang terjangkau. Asosiasi Franchise Indonesia mencatat bisnis waralaba meningkat 10-25 persen per tahun.

JAKARTA, KOMPAS β€” Krisis ekonomi yang melanda dunia akibat pandemi Covid-19 dapat menjadi momentum bagi pelaku usaha Indonesia untuk bangkit dan keluar dari ketinggalan. Hal ini dapat ditempuh dengan bertransformasi dan memilih strategi jitu untuk bertahan dan pulih. Pelaku usaha sudah saatnya terintegrasi dengan ekosistem digital.

Menteri Perdagangan Agus Suparmanto, Jumat (18/9/2020), mengajak para pewaralaba bertransformasi dengan memanfaatkan internet dan teknologi informasi untuk mempertahankan dan bahkan meningkatkan pendapatan.

Editor:
Hendriyo Widi
Bagikan