Usaha Sosial-Kreatif Terus Berkembang
Usaha sosial-kreatif tumbuh mengembangkan ekonomi nasional dan menopang SDGs. Di tengah pandemi Covid-19, ekonomi kreatif digerakkan melalui pameran virtual dan e-dagang.
JAKARTA, KOMPAS — Usaha sosial-kreatif terus berkembang di Tanah Air. Di tengah pandemi Covid-19, usaha ini terimpit, tetapi potensi pengembangan kewirausahaan sosial-kreatif yang memadukan ekonomi kreatif dan misi sosial masih terbuka lebar.
Dalam peluncuran penelitian ”Lanskap Usaha Sosial-Kreatif di Indonesia”, Rabu (16/9/2020), yang diselenggarakan British Council disebutkan, beberapa tahun terakhir ini semakin banyak organisasi yang menggabungkan keterampilan kreatif dengan misi sosial. Usaha sosial didefinisikan sebagai usaha yang didorong misi sosial atau lingkungan dan menginvestasikan kembali sebagian besar keuntungannya untuk misi tersebut.