logo Kompas.id
EkonomiUsaha Sosial-Kreatif Terus...
Iklan

Usaha Sosial-Kreatif Terus Berkembang

Usaha sosial-kreatif tumbuh mengembangkan ekonomi nasional dan menopang SDGs. Di tengah pandemi Covid-19, ekonomi kreatif digerakkan melalui pameran virtual dan e-dagang.

Oleh
BM Lukita Grahadyarini/AGNES THEODORA
· 1 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/ApDINoVvcib4d8qiSC9pACI5z3Q=/1024x579/filters:watermark(https://cdn-content.kompas.id/umum/kompas_main_logo.png,-16p,-13p,0)/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2020%2F08%2F608e5e13-cfdb-4622-b37d-c61e1ecb8f7c_jpg.jpg
KOMPAS/VINA OKTAVIA

Azizah (20) menata produk kerajinan dan oleh-oleh khas Lampung yang dipamerkan di galeri Pasar Kreatif dan Seni Lampung di Bandar Lampung, Selasa (25/8/2020). Pembukaan pasar itu menggeliatkan kembali sektor ekonomi kreatif, usaha mikro kecil menengah, dan pariwisata di Lampung.

JAKARTA, KOMPAS — Usaha sosial-kreatif terus berkembang di Tanah Air. Di tengah pandemi Covid-19, usaha ini terimpit, tetapi potensi pengembangan kewirausahaan sosial-kreatif yang memadukan ekonomi kreatif dan misi sosial masih terbuka lebar.

Dalam peluncuran penelitian ”Lanskap Usaha Sosial-Kreatif di Indonesia”, Rabu (16/9/2020), yang diselenggarakan British Council disebutkan, beberapa tahun terakhir ini semakin banyak organisasi yang menggabungkan keterampilan kreatif dengan misi sosial. Usaha sosial didefinisikan sebagai usaha yang didorong misi sosial atau lingkungan dan menginvestasikan kembali sebagian besar keuntungannya untuk misi tersebut.

Editor:
Hendriyo Widi
Bagikan