Perubahan Pola Pikir Jadi Faktor Utama Keberhasilan Digitalisasi
Setiap perusahaan kini menghadapi disrupsi digital yang semakin cepat akibat pandemi Covid-19. Proses adaptasi digital dapat dimulai dari lingkungan internal perusahaan untuk menyamakan visi misi tentang manfaat digital.
JAKARTA, KOMPAS — Disrupsi digital yang semakin dipercepat dengan adanya pandemi Covid-19 membuat perusahaan-perusahaan harus segera beradaptasi dengan teknologi guna mempertahankan usaha. Perubahan pola pikir dari internal perusahaan dinilai menjadi langkah awal untuk menghadapi disrupsi digital.
Hasil survei dari BOI Research, Innovesia, dan Volantis dari Mei hingga Juni 2020 menunjukkan, baru 1 dari 3 perusahaan yang menyatakan siap, baik secara digital maupun data driven (penggunaan data untuk mengambil keputusan strategis). Penggunaan platform digital pun ditemukan masih sebatas untuk keperluan rapat (91 persen), bukan untuk menyusun perencanaan (23 persen).