Prioritas Belanja Berubah, Pengeluaran Konsumen Meningkat
Meski mayoritas responden mengakui pendapatannya turun, konsumen Indonesia menyatakan bakal meningkatkan pengeluarannya beberapa bulan ke depan. Pola konsumsi berubah, peritel dituntut beradaptasi.
JAKARTA, KOMPAS — Di tengah penurunan pemasukan akibat pandemi Covid-19, pengeluaran rumah tangga konsumen Indonesia diarahkan untuk barang dan jasa yang dinilai esensial. Oleh sebab itu, pelaku ritel perlu memahami pergeseran ini agar dapat memberikan barang dan jasa yang dibutuhkan dalam pola konsumsi masyarakat yang berubah.
Pola pemasukan dan belanja konsumen itu tertuang dalam riset berjudul PwC’s Global Consumer Insights 2020 dengan topik ”Before and After Covid-19 Outbreak” yang dipaparkan, Kamis (13/8/2020). Di Indonesia, survei digelar pada Juni-Juli 2020, spesifiknya di Jakarta, Bandung, Surabaya, Medan, dan Makassar.