logo Kompas.id
β€Ί
Ekonomiβ€ΊUMKM Butuh Dukungan untuk...
Iklan

UMKM Butuh Dukungan untuk Tembus Pasar Digital

Pelaku usaha, khususnya skala mikro dan kecil, membutuhkan pendampingan untuk menghadapi persaingan pasar di platform digital. Digitalisasi jadi faktor kunci UMKM bertahan dan berkembang di tengah pandemi Covid-19.

Oleh
Agnes Theodora/M Paschalia Judith
Β· 1 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/0-muxtckhbV9bM6IjY1O-mJQCOc=/1024x684/filters:watermark(https://cdn-content.kompas.id/umum/kompas_main_logo.png,-16p,-13p,0)/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2020%2F07%2F20200724WEN4_1595567909.jpg
KOMPAS/P RADITYA MAHENDRA YASA

Pekerja menjahit kerajinan kain batik di Kedungmundu, Kota Semarang, Jawa Tengah, Jumat (24/7/2020). Dunia usaha, seperti UMKM, saat ini harus berjuang keras untuk bertahan hidup.

JAKARTA, KOMPAS β€” Program pemerintah sejauh ini dinilai kurang realistis dan tepat guna untuk memberdayakan pelaku usaha mikro kecil dan menengah. Para pelaku usaha, khususnya mikro dan kecil, membutuhkan pendampingan berkesinambungan untuk menghadapi persaingan pasar di platform digital.

Ketua Bidang Organisasi International Council for Small Business (ICSB) Indonesia Samsul Hadi berpendapat, digitalisasi menjadi faktor kunci agar UMKM bisa bertahan dan berkembang selama dan sesudah pandemi Covid-19. Namun, pelaku UMKM tidak bisa diharapkan terjun ke ekosistem digital tanpa pendampingan dan pelatihan yang realistis.

Editor:
Mukhamad Kurniawan
Bagikan