logo Kompas.id
β€Ί
Ekonomiβ€ΊPertamina Siap Uji Coba Avtur ...
Iklan

Pertamina Siap Uji Coba Avtur dari Produk Turunan CPO

Pertamina terus mengembangkan bioenergi atau energi hijau dengan bahan baku dari CPO melalui proses tertentu. Sumber daya CPO yang melimpah di Indonesia diharapkan dapat meningkatkan ketahanan energi dalam negeri.

Oleh
ARIS PRASETYO
Β· 1 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/qIfhQuzFmaljEj72HgxiYA5bvqE=/1024x576/filters:watermark(https://cdn-content.kompas.id/umum/kompas_main_logo.png,-16p,-13p,0)/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2019%2F02%2F75893113_1550763168.jpg
KOMPAS/FABIO M LOPES COSTA

Sejumlah mesin pengolah tandan buah segar dari kelapa sawit menjadi minyak kelapa sawit mentah (CPO) di pabrik Tulip Mill, Distrik Arso Timur, Kabupaten Keerom, Papua, Kamis (21/2/2019). Pabrik milik PT Tandan Sawita Papua dapat memproduksi 1.800 ton CPO selama 20 jam beroperasi.

JAKARTA, KOMPAS β€” PT Pertamina (Persero) siap menguji coba produksi avtur, bahan bakar pesawat terbang, dari produk turunan minyak kelapa sawit mentah atau CPO. Rencana produksi bahan bakar yang disebut sebagai green avtur tersebut akan dilakukan di kilang Cilacap, Jawa Tengah, akhir tahun ini. Sebelumnya, Pertamina sukses memproduksi green diesel yang juga berbahan baku produk turunan CPO.

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengatakan, uji coba green avtur ini adalah bagian dari proyek pengembangan biorefinery Pertamina untuk meningkatkan ketahanan energi Indonesia. Sejauh ini, kilang Dumai di Riau yang telah sukses memproduksi green diesel atau D-100 murni berbahan baku CPO.

Editor:
Hendriyo Widi
Bagikan