logo Kompas.id
โ€บ
Ekonomiโ€บPusat Konsumsi Coba Pulihkan...
Iklan

Pusat Konsumsi Coba Pulihkan Kepercayaan

Pusat konsumsi ditantang untuk memulihkan kepercayaan publik dengan menerapkan protokol kesehatan dalam masa wabah Covid-19. Kedisiplinan menerapkan protokol kesehatan menentukan keberhasilan pencegahan penularan.

Oleh
IQBAL BASYARI/AMBROSIUS HARTO/AGNES SWETTA PANDIA
ยท 1 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/LP3yYGYwrl7nMp3vrmfnTWyUyEQ=/1024x639/filters:watermark(https://cdn-content.kompas.id/umum/kompas_main_logo.png,-16p,-13p,0)/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2020%2F06%2Fpabean-2_1592997811.jpg
KOMPAS/BAHANA PATRIA GUPTA

Suasana Pasar Ikan Pabean yang dipasangi pembatas plastik sebagai penerapan protokol kesehatan Covid-19 di Surabaya, Jawa Timur, Rabu (24/6/2020). Pemasangan yang baru berlangsung selama tiga hari tersebut tidak dibarengi dengan kepatuhan dari pedagang untuk mengfungsikan dengan semestinya.

SURABAYA, KOMPAS โ€” Pusat konsumsi ditantang untuk memulihkan kepercayaan publik dengan menerapkan protokol kesehatan dalam masa wabah  virus korona jenis baru (SARS-CoV-2) penyebab coronavirus disease 2019 (Covid-19). Kedisiplinan menerapkan protokol kesehatan menentukan keberhasilan pusat konsumsi mencegah penularan Covid-19 yang mematikan.

Namun, dari pantauan Kompas, sepekan terakhir, pusat konsumsi, antara lain sentra kuliner, pasar, dan perbelanjaan, belum secara penuh menerapkan protokol kesehatan. Di Pasar Pabean, Pasar Keputran, perbelanjaan di Jalan Pasar Turi dan Jalan Kramat Gantung, sejumlah kedai kuliner di Jalan Jagir, Jalan Ahmad Yani, dan Jalan Darmo masih terlihat kalangan penjual, pedagang, atau pelayan tidak bermasker, tidak bersarung tangan, tidak menyediakan pensanitasi tangan (hand sanitizer), dan tidak disiplin jaga jarak fisik dengan sesama.

Editor:
agnespandia
Bagikan