Pusat Konsumsi Coba Pulihkan Kepercayaan
Pusat konsumsi ditantang untuk memulihkan kepercayaan publik dengan menerapkan protokol kesehatan dalam masa wabah Covid-19. Kedisiplinan menerapkan protokol kesehatan menentukan keberhasilan pencegahan penularan.
SURABAYA, KOMPAS โ Pusat konsumsi ditantang untuk memulihkan kepercayaan publik dengan menerapkan protokol kesehatan dalam masa wabah virus korona jenis baru (SARS-CoV-2) penyebab coronavirus disease 2019 (Covid-19). Kedisiplinan menerapkan protokol kesehatan menentukan keberhasilan pusat konsumsi mencegah penularan Covid-19 yang mematikan.
Namun, dari pantauan Kompas, sepekan terakhir, pusat konsumsi, antara lain sentra kuliner, pasar, dan perbelanjaan, belum secara penuh menerapkan protokol kesehatan. Di Pasar Pabean, Pasar Keputran, perbelanjaan di Jalan Pasar Turi dan Jalan Kramat Gantung, sejumlah kedai kuliner di Jalan Jagir, Jalan Ahmad Yani, dan Jalan Darmo masih terlihat kalangan penjual, pedagang, atau pelayan tidak bermasker, tidak bersarung tangan, tidak menyediakan pensanitasi tangan (hand sanitizer), dan tidak disiplin jaga jarak fisik dengan sesama.