logo Kompas.id
โ€บ
Ekonomiโ€บMakanan Laris Jelang Lebaran
Iklan

KONSUMSI

Makanan Laris Jelang Lebaran

Kesulitan berjumpa di tengah pandemi Covid-19 disiasati dengan mengirimkan makanan menjelang Lebaran meskipun keyakinan konsumen sedang merosot.

Oleh
BM Lukita Grahadyarini/M Paschalia Judith
ยท 1 menit baca
https://assetd.kompas.id/hVhoHt-HyT3bsaCCaShqj91tKXU=/1024x509/filters:watermark(https://cdn-content.kompas.id/umum/kompas_main_logo.png,-16p,-13p,0)/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2020%2F04%2Fc6ffb3d5-be36-445f-8087-9c1f3a93726d_jpeg.jpg
KOMPAS/ERIKA KURNIA

Grafik perkembangan Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) sejak triwulan II-2018 hingga triwulan I-2020. Pada triwulan pertama tahun ini, pergerakan tiga komponen, yakni IKK, Indeks Kondisi Ekonomi (IKE), dan Indeks Ekspektasi Kondisi Ekonomi terus merosot dan menurun dibandingkan dengan perkembangan di tahun lalu. Grafik yang dipelajari dari survei konsumen oleh Bank Indonesia ini menggambarkan persepsi masyarakat pada stabilitas ekonomi yang menurun, dilihat dari ketersediaan lapangan kerja dan kenaikan penghasilan.

JAKARTA, KOMPAS โ€” Pemesanan bahan makanan dan makanan siap saji meningkat menjelang Lebaran. Makanan yang disediakan pelaku usaha dijual melalui laman perdagangan secara elektronik ataupun secara langsung.

Namun, pelaku usaha makanan yang umumnya dari segmen usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) mesti berhadapan dengan pandemi Covid-19. Situasi ini mengakibatkan pengiriman makanan ke daerah yang menerapkan pembatasan sosial menjadi terbatas.

Editor:
dewiindriastuti
Bagikan

Versi cetak artikel ini terbit di harian Kompas edisi di halaman 9 dengan judul "Makanan Laris Jelang Lebaran".

Baca Epaper Kompas
Terjadi galat saat memproses permintaan.
Memuat data...
Memuat data...