Menggarap Pasar Lokal Saat Ekspor Ikan Lesu
Pasar di dalam negeri selama ini hanya dilirik saat pasar luar negeri kurang menjanjikan. Harapannya, pasar dalam negeri tak lagi ditinggalkan industri perikanan saat kondisi perekonomian global membaik.
Selalu ada peluang di setiap persoalan. Di tengah pandemi global Covid-19, optimisme dunia usaha mesti tetap terjaga. Keyakinan untuk tetap tumbuh setidaknya muncul di kalangan usaha rintisan perikanan berbasis digital. Jika pasar ekspor utama cenderung lesu akibat pertumbuhan ekonomi yang melambat, sejumlah usaha rintisan atau start up di bidang pemasaran perikanan justru membidik pasar dalam negeri.
Jumlah penduduk yang sekitar 260 juta jiwa didominasi usia produktif, terutama generasi milenial yang berusia 22-39 tahun, dengan kesadaran pola hidup sehat yang semakin baik. Tren gaya hidup sehat turut mendorong konsumsi ikan yang tergolong makanan sehat.