logo Kompas.id
β€Ί
Ekonomiβ€ΊPilihan Ada di Tangan Konsumen
Iklan

Pilihan Ada di Tangan Konsumen

Masyarakat dimudahkan memesan layanan transportasi melalui laman atau aplikasi. Kemudahan yang berujung pada kenyamanan ini menjadi salah satu pertimbangan konsumen dalam menentukan moda transportasi pilihan.

Oleh
DEWI INDRIASTUTI
Β· 1 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/6ErKdrG7RRcZ-wo-YOwRMuAfK_Y=/1024x576/filters:watermark(https://cdn-content.kompas.id/umum/kompas_main_logo.png,-16p,-13p,0)/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2020%2F01%2F20200101_094844_1579014913.jpg
KOMPAS/DEWI INDRIASTUTI

Calon penumpang kereta api mengantre pengecekan boarding pass di Stasiun Blitar, Jawa Timur, Rabu (1/1/2020).

Di atas kereta api yang melaju dari Gambir, Jakarta ke Blitar, Jawa Timur, dini hari. Penyejuk ruangan menyala. Penumpang bergelung di kursi, menghangatkan tubuh dengan selimut yang disediakan di setiap kursi, khusus untuk perjalanan malam hari. Sebagian mengganjal kepala dengan bantal kecil yang juga disediakan bagi setiap penumpang.

Perjalanan 14 jam jelas terasa lama. Namun, ada banyak alasan untuk menempuh jarak 730 kilometer itu menggunakan kereta api. Harga tiket yang terjangkau dengan pilihan kelas ekonomi dan eksekutif hanyalah salah satu alasannya. Alasan lain, bisa bepergian bersama-sama dengan santai dan langsung ke kota tujuan. Ada juga yang ingin bernostalgia, mengenang masa-masa sekolah yang kerap diisi dengan bepergian menggunakan KA.

Editor:
dewiindriastuti
Bagikan